Minggu, 27 Januari 2019

Dokumentasi Biogas



Berikut ini adalah dokumentasi proses pembuatan Biogas....!!
siapa tahu teman teman mau coba di rumah.... 😀 😀
kuyyy.... kuyy.....

  •  Pada dasarnya Kotoran sapi yang digunakan untuk dijadikan Biogas menggunakan kotoran sapi yang segar (Fress from the open 😂😂😂). Sebelumnya perlu dicampur dengan air sehingga bertekstur seperti bubur.
Memasukkan kotoran sapi kedalam wadah yg telah di sediakan
  •  Beri sedikit air, perbandingan kotoran sapi dengan air adalah 2:1. Jika menggunakan wadah seperti digambar jangan air + kotoran sapi jangan sampai full memenuhi seluruh wadah.

Beri sedikit air

  • Tambahkan Ragi sebagai  pemercepat fermentasi kotoran sapi menjadi Gas Metana. Pada dasarnya pembuatan Biogas bisa dilaksanakan tanpa perlu menambahkan Ragi, namun jika ditambahkan dengan ragi proses fermentasi kotoran sehingga menjadi Gas lebih cepat 4 hari.


Pemberian Ragi

  •  Aduk rata campuran kotoran sapi, air dan ragi sampai rata, kemudian tutup rapat wadah tersebut, tunggu sampai wadah yang digunakan terasa mengembang. Gunakan wadah yang rapat serta berwarna gelap sehingga udara tidak mudah keluar masuk serta tidak terpancarkan sinar matahari.


Contoh wadah yang kami gunakan saat pelaksanaan Penyuluha Biogas
  • Setelah seminggu atau lebih bisa kalian cek apakah wadah tersebut telah terisi Gas Metana. Tenang saja teman- teman gas ini tidak berbau seperti kotoran sapi. 

Antusiasme warga saat pelaksanaan Program Biogas
 Semoga postingan ini bermanfaat...
silahkan mencoba...!!!
byee... byee.... 👍 👋 👋 👋
Kalau masih penasaran cek video berikut.... 👇👇👇





 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar